Monday, December 1, 2014

Mini Sponge Pancake


Hallo! Saya mau berbagi foto saya nih saat saya membuat pancake. Tapi pancake yang saya buat kali ini agak sedikit berbeda dari pancake yang biasanya dibuat. Apa bedanya? Bedanya saya membuat pancake ini dengan tekhnik pembuatan sponge cake! Dan juga saya membuat nya bukan di pan anti lengket tapi di cetakan apem! Nah buat yang penasaran gimana rasanya akan saya beritahu, rasanya light banget, enak, empuk banget serasa makan gula gula atau cotton candy! Saya sangat suka pancake saya kali ini, buat yang penasaran saya share resep nya di bawah ini.

- 1 butir telur (pisahkan kuning dan putihnya)
- 4 sdm tepung serbaguna
- 2-3 sdm gula
- 2 sdm susu cair
- 1 sdt baking powder
- 2 keping oreo crush
- Mentega atau butter secukup nya

Cara Membuatnya:
1. Campur kuning telur dengan gula, lalu kocok.
2. Masukkan tepung sedikit demi sedikit menggunakan saringan atau ayakan. Kemudian aduk,
3. Masukkan susu cair lalu aduk kembali.
4. Blender putih telur hingga kaku. Lalu masukkan ke adonan.
5. Setelah adonan rata beri baking powder, aduk kembali hingga tercampur sempurna.
6. Panaskan cetakan apem, kuasi dengan mentega atau butter lalu tuang adonan ke cetakan. Beri beberapa remahan oreo (optional).
7. Jika sudah muncul gelembung-gelembung di permukaan nya maka balik pancake. Tunggu satu menit kemudian angkat.

Nah, mudah kan cara membuatnya. Saya membuat 2 macam dengan tambahan oreo, ada yang hanya saya taburi diatas nya, ada yang saya aduk oreo crush nya dengan adonan. Dua duanya enak! Mini Sponge Pancake ini akan lebih yummy lagi jika di beri susu kental manis atau ice cream, Atau untuk pancake yang lebih sehat bisa diberi buah-buahan sebagai topping nya. Oiya pancake ini camilan bisa juga lho dijadikan untuk bekal sekolah anak atau untuk dibawa piknik sekeluarga. Selamat mencoba dan selamat menikmati foto-foto saya.











No comments:

Post a Comment