Wednesday, May 28, 2014

Tahu Bakso Crunchy Lezat

Sudah sangat lama saya tidak memakan tahu bakso. Kira-kira 2 tahun yang lalu adalah terakhir kali nya saya memakannya. Saat itu saya membelinya di dekat klinik kecantikan di daerah Malang. Awalnya saya hanya mencoba jajanan itu karena belum pernah mencicipi yang namanya tahu bakso. Penjual tahu bakso tersebut adalah seorang ibu-ibu yang dibantu dengan suami nya. Walaupun hanya pedagang kaki lima namun gerobak nya selalu dikerumuni oleh para pembeli yang sedang mengantri. Saat itu saya adalah pembeli yang mengerumuni gerobak nya..hehe. Harga tahu bakso tersebut adalah 2000 rupiah per potong nya, menurut saya saat itu lumayan mahal. Karena pikirku jajanan tahu kok dijual 2000 an. Saat itu saya hanya membeli 5 biji kemudian saat saya memakannya selagi hangat saya langsung meralat pernyataan saya bahwa ini jajanan mahal. Saya menyadari bahwa tahu tersebut bukan sembarang tahu, dalam nya di isi adonan yang mirip pentol bakso dan itu rasanya sangat enak. Crunchy di luat empuk di dalam. Saat tahu bakso saya habis sebenarnya pengen kembali lagi untuk membelinya namun lokasi nya yang terletak di jalur jalan yang satu arah membuat saya malas untuk putar balik dan saya juga sudah agak jauh dari lokasi penjual. Saat itu jg saya in love dengan jajanan tahu bakso.

Nah kemarin ibu saya membeli tahu goreng namun tahu goreng tersebut tidak habis semua, kemudian ibu menanyakan tentang bagaimana nasib tahu goreng yang masih tersisa di kulkas. Ide membuat tahu bakso pun langsung menjadi ide saya saat ibu menanyakan nasib tahu nya. Ibu pun langsung menyetujui nya. Saya juga dengan pede mengutarakan ide saya dan menyiapkan bahan-bahan nya. Padahal saya belum pernah lho membuat tahu bakso, tapi kenapa saya sangat pede bahwa tahu bakso saya akan berhasil .__.
Setelah membeli bahan-bahan nya saya pun mulai memasak nya. Saya menggunaan daging ayam sebagai pengganti daging sapi karena lebih ekonomis.

Berikut adalah bahan-bahan nya:

- 1/4 ons dada ayam
- 3 siung bawang putih
- 6 sdm tepung tapioka
- 1 batang daun bawang
- 1 batang seledri
- air es, garam, gula dan merica secukupnya

Itulah bahan-bahan yang saya haluskan. Untuk dada ayam nya saya ambil daging nya saja, kemudian semua saya masuk kan ke mesin penghalus. Karena di rumah tidak ada food processor, jadi saya memakai blender yang wadah nya khusus untuk menghaluskan bumbu.
Ada sedikit kekacauan saat saya mencoba untuk menghaluskan bumbu. Saat saya menghaluskan bumbu di blender, entah kenapa ada bau-bau terbakar pada mesin blender nya. Saya sempat bingung mencari penyebab nya. Lalu saya berpikir mungkin terlalu penuh tempatnya jadi saya harus menghaluskan nya sedikt demi sedikit. Namun setelah saya keluarkan dari wadah blendernya ternyata pisau penghalusnya terlilit daging ditambah lagi bawang yang saya masukkan masih utuh belum terhaluskan..hehe. Setelah itu saya masukkan lagi daging nya dan memblender nya sedikit demi sedikit. Namun ternyata bau gosong itu masih muncul. Saya bongkar lagi wadah nya, saya keluarkan dan ternyata pisau penghalusnya terlilit daging lagi. Sempat agak lama saya menghaluskan adonan nya, karena harus memblender nya sedikit demi sedikit. Dari situ saya belajar bahwa menghaluskan adonan daging itu harus mencincangnya terlebih dahulu, dan untuk bumbu seperti bawang dan yang lainnya harus dihaluskan dahulu, bukan dengan cara memasukkan nya bebarengan secara utuh dengan daging seperti yang saya lakukan..hehe.

Setelah menghaluskan adonan daging ayam nya saya mencampurnya dengan tepung, air es, merica, garam dan sedikit gula. Setelah saya icip dan rasanya pas saya tinggal memasukkan nya ke dalam tahu yang sudah sata sobek tengah nya kemudian dikukus sekitar 20 menit. Sebenarnya simple untuk membuat tahu bakso ini, cuman kecerobohan saya diawal yang membuatnya lama. Saya menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk membuatnya.
Setelah tahu matang saya membuat adonan untuk crispy crunchy di luar nya. Beriku bahan-bahan yang saya gunakan:

- 2 sdm tepung beras
- 2 sdm tepung tapioka
- 2 sdm tepung bakwan mama suka
- air secukupnya

Kalau anda sadar saat membaca bahan-bahan saya tersebut mungkin ada yang mengernyitkan dahi saat saya menyebutkan 'Tepung Bakwan' untuk crunchy tahu bakso..hehe. Sebenarnya itu adalah tepung pengganti saya karena di rumah tidak ada tepung bumbu ayam goreng crispy. Karena tidak ada jadi saya menggunakan tepung bumbu yang tersedia di rumah.
Setelah melumuri tahu bakso dengan adonan crispy tersebut lalu goreng dengan minyak panas. Tunggu hingga agak kecoklatan lalu nikmatin deh.. Tahu bakso ini sangat saya sarankan untuk dimakan saat masih hangat. Karena kalau sudah dingin tingkat ke-crunchy-an nya akan berkurang. Tahu bakso crunchy lezat ini juga pas di makan dengan cabai, saos sambal atau di taburi dengan bon cabe. Saya lebih suka ditaburi dengan bon cabe dan juga bawang goreng untuk menikmati nya dengan cara yang terbaik versi saya.

Berikut adalah proses dan hasil nya.



Untuk foto yang pertama, terlihat kan kalau bakso nya memenuhi ruang di dalam tahu. Ini karena saya suka mengisi tahu dengan adonan bakso yang padat, biar terasa mantap saat memakannya.
Untuk yang foto kedua, itu adalah foto yang saya ambil saat baru separuh jalan saya mengerjakannya. Dari semu bahan-bahan yang saya buat tadi menghasilkan total 39 tahu. Nanggung ya..hehe. Tapi ya segitu memang cukupnya si adonan. Jumlah ini tepengaruh oleh besar atau kecilnya tahu jadi mempengaruhi isi adona itu sendiri ya. Jadi nanti jika anda tidak menghasilkan 39 tahu jangan protes ke saya..hehe 

Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment